HEADLINE NEWS

Kategori

Bencana (27) budaya (2) BUMN (1) Business (15) Daerah (1369) Dana Desa (2) Disdiknas (5) disdiknas headline (1) Duka (5) Entertaiment (12) Games (5) Headline (1449) headline Nasional (2) healine (1) Hiburan (15) hukum (55) Internasional (72) Kasus (13) Keagamaan (3) Kebakaran (3) Kesehatan (65) Korupsi (10) KPUD (1) kriminal (56) Lakalantas (7) masional (1) Migas (1) Misteri (5) Movie (2) Nasional (304) olahraga (1) Opahraga (1) Parlemen (7) PEMDA (182) pendidikan (47) Perkebunan (1) Pilkada (2) Polisi (472) Politik (145) Pungli (2) Ragam (14) seni (2) Seremonial (17) Slider (136) Sosial (4) Sports (16) Technology (5) TMMD (1) TNI (21) Umum (37)

Welbertus, Rencanakan Pembahasan 13 Rapemperda





Sintang, kalbar - Welbertus, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Sintang menyampaikan akan segera membahas 13 Raperda yaitu Rancangan peraturan daerah kabupaten Sintang, agar menjadi Peraturan Daerah yang nantinya akan memperkuat sistem dalam pembangunan kabupaten Sintang, hal tersebut disampaikan Welbertus Anggota DPRD kabupaten Sintang dari partai PDIP di ruang kerjanya gedung DPRD Sintang, Selasa (30/5/22). 

Menurut Welbertus bahwa ada sebanyak 13 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda)  yang akan dibahas nantinya, serta ada juga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dari inisiatif DPRD Kabupaten Sintang yang berkaitan dengan perkebunan dan masyarakat adat, karena yang paling banyak permasalahan itu pasti menyangkut hak-hak masyarakat adat, terangnya.

Welbertus juga mengatakan ada beberapa Raperda berasal dari usulan pemerintah daerah. "Nah kami akan lihat Raperda mana saja yang mendesak untuk segera dibahas,  akan tetapi kami masih mengkaji dari usulan tersebut yang menjadi perioritas untuk dibahas"  kata Welbertus. 

Lebih lanjut dikatakan Welbertus, bahwa DPRD kabupaten Sintang terutama pihaknya akan segera menanyakan ke bagian perundang-undangan pemerintah daerah kabupaten Sintang untuk menindaklanjuti Perda apa saja yang perlu kita bahas dalam waktu dekat ini di DPRD kabupaten Sintang.

“Adapun jumlah Raperda yang akan dibahas oleh Bappemperda untuk dijadikan Perda, masih  belum bisa dipastikan waktunya dan kapan jadwalnya. Mengingat pada  saat ini baru pergantian Ketua Bapemperda, jadi dari kita belum tahu berapa jumlah Perda yang akan jadi konsentrasi kita, untuk dibahas nanti” terang Welbertus Anggota dewan dari partai kepala banteng ini.

Mengenai Perda tentang minuman keras (miras), Welbertus mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada usulan ke DPRD Sintang. “Memang kita mendengar ada rencana dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengusulnya. Katanya dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) akan mengajukannya terkait dengan Raperda tentang minol atau minuman beralkohol,” ungkapnya.

Menurut dia, bagus saja jika Raperda itu diusulkan. Tapi memang perlu proses seperti layaknya pembentukan Perda yang lain. Terutama kajian hukum dan lain-lain.

Welbertus sendiri baru saja menjabat sebagai Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Sintang. Menurut Welbertus, menjadi Ketua Bapemperda mempunyai tanggung jawab yang besar yang harus dijalankan dan dipertanggung jawabkan.

Sebab Bapemperda ini bertugas menggodok Peraturan Daerah (Perda) yang diajukan pihak eksekutif maupun usulan dari inisiatif legislatif. "Ini merupakan amanah bagi saya dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat," kata Welbertus. 
// red.nus

Previous
« Prev Post