HEADLINE NEWS

Kategori

Bencana (22) budaya (1) BUMN (1) Business (15) Daerah (1369) Dana Desa (2) Disdiknas (2) Duka (5) Entertaiment (12) Games (5) Headline (1259) Hiburan (15) hukum (51) Internasional (72) Kasus (11) Keagamaan (3) Kebakaran (3) Kesehatan (64) Korupsi (9) KPUD (1) kriminal (49) Lakalantas (6) Migas (1) Misteri (5) Movie (2) Nasional (268) Parlemen (6) PEMDA (168) pendidikan (46) Perkebunan (1) Pilkada (2) Polisi (458) Politik (138) Pungli (2) Ragam (14) seni (2) Seremonial (17) Slider (136) Sosial (3) Sports (16) Technology (5) TMMD (1) TNI (19) Umum (37)

Tuah Mangasih, Himbau Masyarakat Sintang Waspada Terhadap Karhutla Dimusim Kemarau

 


Shot14news.com Sintang - Anggota DPRD Kabupaten Sintang dari Partai Demokrasi Perjuangan ( PDIP ) Kabupaten Sintang Kalimantan Barat. Tuah Mangasih menghimbau kepada segenap warga Sintang dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap musibah Kebakaran baik Lahan dan Perumahan dimusim kemarau yang hingga kini masih berlangsung.

"Kami mengharapkan koordinasi serta optimalisasi masyarakat dan instansi terkait dalam mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran akibat musim kemarau saat ini," kata Tuah Mangasih yang lebih senang di panggil bang Tuah ini.

Selain memaksimalkan fungsi lembaga yang sudah ada seperti BPBD (Badan penanggulangan bencana daerah) atau satgas Karhutla (kebakaran hutan dan lahan), juga perlu upaya prefentif seperti sosialisasi ke masyarakat.

Karena sebagian dari masyarakat kita khususnya petani tradisional di daerah-daerah, masih menggunakan pola lama seperti ladang berpindah dengan cara membakar lahan sehingga perlu disadarkan mengenai dampak dan akibatnya.

Dijelaskanya kembali , "Meski di kabupaten Sintang belum ada hot spot atau titik api yang menandakan kebakaran lahan, memang patut diapresiasi bagi segenap element yang sudah mulai sadar dalam menjaga lingkungan masing-masing, namun sebagai langkah antisipasi tetap dianggap perlu dan mendesak sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya kebakaran".

Bang Tuah, juga menegaskan Untuk Dinas terkait harus segera siap siaga dalam menghadapi musim kemarau terlebih jika mengacu pada prakiraan dari pihak berwenang badan meteorologi, klimatologi dan geofisika (BMKG) yang memprediksi kemarau masih berlangsung hingga beberapa bulan ke depan sehingga mengakibatkan cuaca panas lebih tinggi yang dapat memicu terjadinya munculnya kebakaran.tutupnya.(Red.rio)

Previous
« Prev Post