HEADLINE NEWS

Kategori

Bencana (20) BUMN (1) Business (15) Daerah (1367) Dana Desa (2) Disdiknas (1) Duka (4) Entertaiment (12) Games (5) Headline (1165) Hiburan (15) hukum (50) Internasional (72) Kasus (9) Keagamaan (3) Kebakaran (1) Kesehatan (60) Korupsi (9) KPUD (1) kriminal (34) Lakalantas (6) Migas (1) Misteri (5) Movie (2) Nasional (256) Parlemen (4) PEMDA (127) pendidikan (45) Perkebunan (1) Pilkada (2) Polisi (407) Politik (138) Pungli (1) Ragam (14) seni (2) Seremonial (11) Slider (136) Sosial (1) Sports (16) Technology (5) TMMD (1) TNI (16) Umum (36)

Polsek Nanga Mahap Ajak Masyarakat Cegah Kerusakan Lingkungan

 


Shot14news.com Sekadau - Polsek Nanga Mahap gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna memberikan imbauan terkait larangan pertambangan emas tanpa izin (PETI). Masyarakat diajak untuk mencegah kerusakan lingkungan di wilayah Kecamatan Nanga Mahap.

Kapolsek Mahap, IPDA Kuswiyanto mengatakan, imbauan tersebut diberikan dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif serta mencegah terjadinya kerusakan lingkungan, khususnya di wilayah hukum Polsek Nanga Mahap. 

Imbauan tersebut disampaikan melalui banner hingga pamflet yang dipasang di tempat keramaian hingga di pertokoan, hal itu dilakukan agar imbauan tersebut bisa dibaca oleh masyarakat yang melintas atau yang mengunjungi pertokoan.

Adapun imbauan tersebut berikut ini:

 1. Dilarang melakukan pertambangan emas tanpa izin baik di aliran sungai maupun tempat-tempat lain yang dapat menimbu
lkan kerusakan atau pencemaran lingkungan hidup.

 2. Kegiatan pertambangan emas tanpa izin merupakan perbuatan yang melanggar hukum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 158 dan atau Pasal 161 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

 3. Setiap orang yang melakukan pertambangan mineral dan batubara tanpa izin di pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar.

 4. Setiap orang yang menampung, memanfaatkan, melakukan pengolahan dan pemurnian, pengangkutan, penjualan mineral dan batubara tanpa izin, dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar.

 5. Apabila ditemukan adanya kegiatan usaha pertambangan emas tanpa izin di wilayah kecamatan Nanga mahap maka pihak kepolisian akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Kami mengajak masyarakat mari bersama-sama mencegah kerusakan lingkungan di sekitar kita, apabila ditemukan adanya aktivitas yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, maka kami lakukan tindakan tegas,” ucapnya. (hum/Almanso)

Previous
« Prev Post