HEADLINE NEWS

Kategori

Bencana (4) BUMN (1) Business (14) Daerah (1155) Entertaiment (12) Games (5) Headline (1139) Hiburan (15) hukum (48) Internasional (72) Kasus (1) Keagamaan (2) Kebakaran (1) Kesehatan (38) Korupsi (1) KPUD (1) kriminal (13) Lakalantas (2) Migas (1) Misteri (5) Movie (2) Nasional (239) PEMDA (2) pendidikan (41) Pilkada (1) Polisi (112) Politik (138) Ragam (14) seni (2) Slider (136) Sports (16) Technology (5) TMMD (1) TNI (5) Umum (35)

Pengurus LBH Tridharma Indonesia Cabang Kabupaten Sekadau, Resmi Dilantik

 


S14n Sekadau - Sekadau, Shot14news - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Tridharma Indonesia kalimantan barat resmi dikukuhkan kepengerusannya di Kabupaten Sekadau, Sabtu (10/10/2020)


Hadir dalam pengukuhan tersebut di antaranya PJ Setda Kabupaten Sekadau, Frans Zeno. S. STP, Danramil 15 Sekadau Hilir/Kodim 1204 Sanggau, Kapten (Arh) L. Simare Mare dan pihak Kepolisian Polres Sekadau.

Saat di wawancarai, Direktur Utama LBH Tridharma Indonesia Kalimantan Barat, Lipi, mengungkapkan LBH Tridharma Indonesia Kalbar merupakan lembaga yang bergerak di bidang bantuan hukum dimana pendiri utamanya adalah Prof. Dr. Haryono, mantan penyidik KPK.

"Sesuai UU No. 16. Tahun 2011 yang berbunyi Negara ingin mewujudkan hak konstitusional bahwa setiap warga negara berhak untuk mendapatkan kesetaraan dan keadilan hukum yang sama". Kata Lipi seusai acara pengukuhan LBH TI, di Jl Sekadau-Sintang (Hotel Raja Tuah).

Atas dasar itu, Lipi menjelaskan kehadir LBH TI sebagai pendamping masyarakat yang berhadapan dengan hukum, maka pihaknya siap untuk mendampinginya.

Ia juga mengatakan bahwa "LBH TI ini dasar hukumnya sangat kuat. Apabila ada warga masyarakat yang sedang mengalami ketimpangan keadilan atas suatu kasus, dan meminta bantuan ke LBH TI, maka masyarakat bisa meminta bantu. Karena tidak semua urusan hukum, harus berakhir dipengadilan

Lebih lanjut, Lipi mengukuhkan pengucapan sumpah/ikrar seluruh anggota kepengurusan LBH Tridharma Indonesia Cabang Kabupaten Sekadau.

Sementara itu, Pejabat Sekda Kabupaten Sekadau, Zeno mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Sekadau sangat mengapresiasi atas hadirnya LBH Tridharma Indonesia dirinya berharap kedepan, dengan kehadiran LBH TI ini, bisa bersinergi dengan  pihak Pemerintah Kabupaten Sekadau.

"Untuk membangun kota Sekadau, terutama dibidang penerapan keadilan hukum untuk seluruh masyarakat miskin di Sekadau, LBH Tridharma Indonesia semoga dapat bersinergi dengan pemda sekadau" katanya.

Lanjut Zeno,mengungkapkan LBH TI merupakan Lembaga Bantuan Hukum yang hadir untuk mendampingi, bahkan membela masyarakat miskin, dalam mencari kesetaraan haknya dalam keadilan hukum.

"Didalam UU No. 6 Tahun 2011 menyebutkan bahwa setiap masyarakat berhak memperoleh bantuan hukum secara gratis. Dan mengacu kepada PP No. 42 Tahun 2013, mengatur tentang syarat-syarat untuk mendapatkan bantuan hukum dan penyaluran hukum dengan mengacu kepada Permen No. 1 Tahun 2018 tentang Paralegal". paparnya.

Pejabat Sekda kabupaten Sekadau, Zeno berharap kepada seluruh anggota yang dikukuhkan, agar kedepannya secepat mungkin mengurus legalitas untuk didaftarkan ke pihak Kesbangpol supaya nantinya bisa berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten Sekadau.

"kepada para anggota LBH TI yang baru dilantik dan semoga selalu sukses", Ucapnya. (Almanso)

Previous
« Prev Post