HEADLINE NEWS

Kategori

Bencana (4) BUMN (1) Business (14) Daerah (1166) Entertaiment (12) Games (5) Headline (1141) Hiburan (15) hukum (48) Internasional (72) Kasus (1) Keagamaan (2) Kebakaran (1) Kesehatan (38) Korupsi (1) KPUD (1) kriminal (13) Lakalantas (2) Migas (1) Misteri (5) Movie (2) Nasional (239) PEMDA (2) pendidikan (41) Pilkada (1) Polisi (122) Politik (138) Ragam (14) seni (2) Slider (136) Sports (16) Technology (5) TMMD (1) TNI (5) Umum (35)

Kapolres Sekadau Meminta Masyarakat Jaga Persatuan & Terapkan Protokol Kesehatan Selama Masa Pilkada

 

S14n Sekadau - Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala, S.I.K., S.H., M.H., menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kamtibmas khususnya terkait pelaksanaan Pilkada, melalui siaran radio di stasiun radio Dermaga 100.9 FM Sekadau, pada Senin (28/9) sore. 

Dalam siarannya, Kapolres membacakan Maklumat Kapolri nomor MAK/3/IX/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020. 

Terdapat empat poin yang ditekankan Kapolri dalam maklumat tersebut, salah satunya menekan klaster Corona di Pilkada. Kapolri mengeluarkan maklumat terhadap protokol kesehatan dan menegaskan bahwa keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi.

Terkait kegiatan Polres Sekadau dalam rangka pengamanan pelaksanaan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau tahun 2020, Kapolres menjelaskan bahwa pihaknya mengacu pada peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara pilkada yakni KPU melalui PKPU nomor 13 revisi PKPU nomor 6 dan nomor 10 berisi tentang aturan kegiatan yang dilarang dan dibolehkan oleh pihak penyelenggara selama masa kampanye. 

Selain itu, personel pengamanan juga menerapkan Pergub nomor 110 tahun 2020 bahwa dalam setiap pelaksanaan kegiatan pilkada diwajibkan memenuhi protokol 3M yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Dalam Perbup nomor 45 tahun 2020 terkait sanksi administrasi maupun sanksi sosial terhadap pelanggar aturan protokol kesehatan.

Dalam pelaksanaan aturan tersebut, Kapolres menyebutkan leading sektornya adalah Satpol-PP. Sedangkan tugas TNI Polri adalah memback-up, mendorong, dan membantu pemerintahan daerah, sesuai Inpres nomor 6 tahun 2020. 

Di akhir siarannya, Kapolres meminta seluruh masyarakat kabupaten Sekadau agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan, tidak terpancing berita-berita hoax di sosial media yang mengarah pada gejolak politik dan menimbulkan perpecahan. 

"Saring sebelum sharing, siapapun nanti yang terpilih sebagai pemimpin, itulah yang terbaik buat kabupaten Sekadau, tapi dengan kerukunan dan persatuan, kita jaga kondusifitas keamanan di Sekadau agar kita bisa hidup dengan tenang, bekerja dan beraktifitas dengan aman, jangan sampai kita terpecah belah," imbau Kapolres menutup siarannya. (hum/Almanso)

Previous
« Prev Post