HEADLINE NEWS

Kategori

Bencana (4) BUMN (1) Business (14) Daerah (1162) Entertaiment (12) Games (5) Headline (1141) Hiburan (15) hukum (48) Internasional (72) Kasus (1) Keagamaan (2) Kebakaran (1) Kesehatan (38) Korupsi (1) KPUD (1) kriminal (13) Lakalantas (2) Migas (1) Misteri (5) Movie (2) Nasional (239) PEMDA (2) pendidikan (41) Pilkada (1) Polisi (118) Politik (138) Ragam (14) seni (2) Slider (136) Sports (16) Technology (5) TMMD (1) TNI (5) Umum (35)

BUPATI SINTANG JAROT WINARNO RESMIKAN KUDA LUMPING TURONGGO WIAKSO SIDO DADI DI DESA PAOH KECAMATAN SEPAUK

S14n Sintang - Sebagai wujud kepedulian terhadap adat istiadat, budaya dan seni yang ada di Kabupaten Sintang hari  ini Rabu,16/09/2020 siang,  Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH  melaksanakan Peresmian(Gebyakan)  Kuda Lumping Turonggo  Wiakso Sido Dadi di Dusun Sungai Malaban Desa Paoh Benua Kecamatan Sepauk, dihadiri kepala Dusun Sungai Malaban, Kepala Dusun Sungai Mentimut, Para tokoh masyarakat Pemuka adat dan Pemuka Agama.

Dihadapan ribuan masyarakat dusun Sungai Malaban dan Dusun Mentimut yang hadir menyaksikan  Peresmian Kuda Lumping Turonggo Wiakso Sido Dadi,  Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH  mengatakan, bahwa  membangun itu  harus membangun manusia setutuhnya, jadi  jalannya dibangun, sekolah serta kesehatannya dibangun tetapi jiwanya  juga harus dibangun, yaitu melalui seni budaya“tadi kita saksikan penampilan  Kuda Lumping Turonggo Wiakso Sido Dadi,  yang dimainkan para anakmuda itu merupakan, penampilan perdananya, tetapi telah menunjukan semangat tarian  yang sangat bagus  dan luar biasa  walaupun baru dibentuk”.
Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH  menyatakan, bahwa  dengan penampilan tarian yang telah ditampilkan tadi, saya sebagai bupati Sintang sangat bangga, dan mudah-mudahan akan terus berkembang sejajar dengan kelompok  kesenian yang lain didaerah ini, sehingga akan mendukung dan mendorong pembangunan pariwisata kita”dan tentunya saya sangat mendukung dibentuknya kelompok kudalumping ini , dan tentunya  juga akan saya perhatikan dalam pembinaannya, seperti kesenian  masyarakat lainnnya yaitu  kesenian melayu, kesenian Dayak, kesenian Jawa barat, kesenian Barongsai, serta kesenian lainnya yang ada di bumi senentang ini”.
Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH   menegaskan,  bahwa Kabupaten Sintang merupakan kehidupan hydrogen  artinya bermacam-macam suku dan adat istiadat dan kenaeka ragaman  budaya ini merupakan modal  besar untuk membangun  Kabupaten Sintang  menjadi hebat  dan tangguh kedepannya untuk lebih maju dan berkembang.
Kepala Dusun Sungai Malaban Bambang Sutrisna mengatakan, dengan dibentuknya Kelompok Kudala Lumping Turonggo Wiyakso Sido Dadi yang telah diprakarsai bersama masyarakat Dusun  Sungai Malaban dan Dusun Mentimut ini, diharapkan bisa lebih  mempererat talisilaturahmi”tidak memandang suku, agama  tapi bersatu dalam kesenian, dan kita berharap peran Pemerintah Daerah , selalu memberikan pembinaan dan dukungannya”.

Peresmian(Gebyakan)  Kuda Lumping Turonggo  Wiakso Sido Dadi di Dusun Sungai Malaban Desa Paoh Benua Kecamatan Sepauk hari  ini Rabu,16/09/2020 siang yang dilakukan Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH   ditandai dengan pemukulan Gong,  dengan dikelilingan para penari  lumping  diwarnai dengan kegembiraan masyarakat. (red.hum)

Previous
« Prev Post