HEADLINE NEWS

Kategori

Bencana (4) BUMN (1) Business (14) Daerah (1169) Duka (1) Entertaiment (12) Games (5) Headline (1142) Hiburan (15) hukum (48) Internasional (72) Kasus (1) Keagamaan (2) Kebakaran (1) Kesehatan (38) Korupsi (1) KPUD (1) kriminal (13) Lakalantas (2) Migas (1) Misteri (5) Movie (2) Nasional (239) PEMDA (2) pendidikan (41) Pilkada (1) Polisi (124) Politik (138) Ragam (14) seni (2) Slider (136) Sports (16) Technology (5) TMMD (1) TNI (5) Umum (35)

PARTUDI SEBUT REKRUTMEN KARYAWAN PT AGRO ANDALAN HANYA SALAH PAHAM


S14N Sekadau, Pada hari Rabu 13 Maret 2019, PT Agro Andalan melaksanakan Kegiatan sosialisasi Rekrutmen Karyawan PKS Desa Setawar Kabupaten Sekadau dihadiri oleh para Kades dari 7 Desa sekitar wilayah PT Agro Andalan, Disnaker, dinas Perkebunan Kabupaten Sekadau, dan perwakilan tokoh masyarakat serta Bhabinkamtibmas.

Adapun ke Tujuh Kades adalah kades Setawar kades Nanga Menterap, kades Tapang Prodah, kades Nanga Pemubuh, kades Sungai Sambang, kades desa Boti kecuali kades Mondi tidak hadir.
Sosialisasi ini dilaksanakan berlatar dari penerimaan calon karyawan yang dibutuhkan sekitar 29 orang, dan pelamar berjumlah kisaran 700 orang.

Partudi selaku Maneger PKS menyampaikan dikesempatan tersebut mengklarifikasi issue adanya Sistim perekrutan calon karyawan yang menimbulkan ketidak puasan warga sekitar, karena disinyalir banyak yang direkrut dari luar wilayah setempat. Sehingga intinya menimbulkan kecemburuan sosial, Bahwa sebenarnya tidak ada warga luar wilayah yang di terima. Kita tetap mengutamakan putra putri Masyarakat setempat setempat, imbuhnya.

 Partudi mengatakan Memang kita mengakui bahwa masalah ini terjadi akibat dari miss comunication  antara panitia penerimaan calon karyawan yakni PT Agro Andalan/PKS dengan pihak-pihak masyarakat sekitar, dan kami minta maaf atas kekurangan kami ini. Dan masalah ini menjadi satu acuan buat kami agar kedepannya lebih matang dan profesional dalam perekrutan karyawan pada gelombang berikutnya, ujarnya.

Bertolak dari kejadian  yang lalu, sehingga kita adakanlah sosialisasi ini agar tidak terjadi kesalahpahaman. Jadi kalau ada issu dimasyarakat bahwa kami dari pihak PT Agro Andalan dan PKS menerima  "titipan atau  menerima dari luar area 7 desa, itu tidak benar",  jelas Partudi.

Agus Kepala Kesa Setawar menghimbau kepada pihak manajemen perusahaan/PKS agar komitmen MOU yang telah kita sepakati di kantor Bupati tahun 2018 difungsikan. Maksudnya dalam pelaksanaan dan penerimaan calon karyawan  PKS periode sekarang, karena dikampung ini banyak yang sarjana tetapi masih nganggur. Jadi harapan kami, rekrut dulu anak-anak  kami ini. Kalau seandainya tidak lolos waktu mengikuti test sesuai dengan ketentuan, kita terima dan kami puas. Tegas Agus yang  mendapat dukungan dari Kades Sungai Sambang dan Kades lainnya.

Sementara menurut pak Basuki Rahmat dari dinas tenaga kerja, mengatakan bahwa di PKS ini sangat membutuhkan tenaga-tenaga khusus yang handal dan profesional. Lain halnya di bidang kebun. Karena pabrik ini dibidang mesin, salah sedikit akan fatal akibatnya ujar pak Rahmat. 

Lanjut Rahmat, kalau untuk di lingkup PT Agro ini tingkat pengangguran masih relatif minim jika dibandingkan dengan di daerah yang lain, yah kalau memang bisa, diutamakanlah putra-putri daerah setempat, laksanakan test dan apabila gugur, cari solusi lain. Kalau toh tidak bisa juga baru datangkan tenaga yang paham dan menguasai tekhnisi pabrik yang sudah berpengalaman, pungkas Rahmat.

Selanjutnya, PH (Plantation Head) area  Kal-bar, Jonner Silaen menyampaikan, tujuan sosialisasi ini pertama :
PT Agro Andalan memprioritaskan tenaga pelamar yang berasal dari daerah sekitar perusahaan PT yang mampu bersaing dalam tahapan seleksi yang dilaksanakan perusahaan baik dalam test tertulis, psikotes, wawancara, tes narkoba, MCU dan berkompoten. 
Kedua, terkait rencana running test PKS.
Ketiga, terkait rencana penerimaan TBS eksternal yg memenuhi kriteria dan dinyatakan lolos treacebility.
Keempat, bertujuan bahwa pihak perusahaan juga memerlukan masukan dari Disnaker, Disbun, Muspika, tokoh masyarakat dan Kepala Desa yang hadir terkait rencana rekrut dan rencana test running PKS.

Dan harapan kami kepada masyarakat, semoga kedepannya kita mengerti dan memahami bahwa komitmen kami dari pihak menejemen perusahaan tetap mengutamakan warga setempat dalam perekrutan calon tenaga kerja di PT Agro Andalan ini. Pungkas Jonner mengakhiri sambutannya.(Jhon)

Previous
« Prev Post