HEADLINE NEWS

Kategori

Bencana (4) BUMN (1) Business (14) Daerah (1155) Entertaiment (12) Games (5) Headline (1139) Hiburan (15) hukum (48) Internasional (72) Kasus (1) Keagamaan (2) Kebakaran (1) Kesehatan (38) Korupsi (1) KPUD (1) kriminal (13) Lakalantas (2) Migas (1) Misteri (5) Movie (2) Nasional (239) PEMDA (2) pendidikan (41) Pilkada (1) Polisi (112) Politik (138) Ragam (14) seni (2) Slider (136) Sports (16) Technology (5) TMMD (1) TNI (5) Umum (35)

Dua Warga Ketungau Hulu ,Serahkan Senjata Rakitan Jenis Bowmen Kepada Danramil 1205-05


S14N Sintang, Dua Orang Warga Masyarakat Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang Rusli dan Bijan Secara Simbolis dan sukarela menyerahkan dua Pucuk Senjata Rakitan Laras Panjang Jenis  Bowmen  kepada Danramil 1205-05 melalui Anggota Bhabinsa Sertu Prahno beserta Dua anggotanya  Koptu Agusniadi dan Kopda Dodit pada Selasa 19/03/2019.

Kedua Warga Masyarakat tersebut berasal dari Desa Bekuan Luyang Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang Kalbar yang pada sebelumnya  Sertu Prahno  beserta anggota 
telah lakukan sosialisasi tentang dampak menyimpan senpi kepada masyarakat di Wilayahnya.

Mayor Inf. Amri Marpaung, S.ag ,Selaku Komandan Koramil 1205-05/ Kecamatan Senaning mengatakan Berawal dari salah satu anggota  Babinsa Koramil 1205 - 05/ Senaning Sertu Prahno yang melaksanakan monitor wilayah kedesa Binaan dan Sekaligus Anjangsana kekediaman Bapak Rusli pada hari senin (18/03/19), Didalam Audiensi Sertu Prahno mempertanyakan apakah masih ada masyarakat Aboi ya g menyimpan senjata rakitan dan dengan jujur Bapak Rusli mengakui masih menyimpan senjata rakitan di kebun dan berjanji menyerahkan esok harinya. Kemudian keesokan harinya Sertu Prahno bersama dengan 2 orang anggota Koramil 1205 - 05/Senaning Koptu Dodit dan Kopda Agusniadi berkunjung ke rumah Bapak  Rusli, namun diluar dugaan ada warga lain bernama Bapak Bijan  ikut menyerahkan satu pucuk senjata rakitan dengan jenis yang sama, Jelas Mayor Inf. Amri Marpaung, S.ag.

Marpaung menambahkan bahwa Bapak Rusli dan Bapak Bijan memberikan senjata rakitan laras panjang tersebut atas kemauan sendiri setelah mendapatkan pemahaman dan sosialisasi dari Babinsa bahwa warga sipil tidak boleh menyimpan senjata api rakitan, ujarnya.

Rusli menyampaikan bahwa dirinya dengan Bpk.Bijan menyerahkan senjata tersebut atas kesadarannya sendiri , hal ini dilakukan karna telah beberapa kali pihak anggota Bhabinsa mensosialisasikan tentang larangan dan bahayanya menyimpan senjata rakitan sehingga muncul kesadaran untuk kami serahkan yang mana senjata tersebut hanya digunakan untuk berburu hewan liar di hutan.

Sementara Komandan Kodim 1205/Sintang, Letkol Inf. Rachmat Basuki, menyampaikan kepada para awak Media, Mengapresiasi dan menyambut baik terhadap warga yang dengan penuh kesadaran menyerahkan senpi yang dimilikinya, mudah-mudahan langkah ini bisa dicontoh warga lainnya, Setelah anggota menjelaskan terhadap risiko yang bakal terjadi jika memiliki senjata ilegal, lanjutnya, kemudian warga langsung sadar dan mau menyerahkan senjata api itu secara sukarela. Ungkap Dandim.

Dandim akan terus melakukan penyuluhan dan pendekatan ke warga untuk segera menyerahkan senpi yang masih disimpan warga, mengingat kepemilikan senjata tanpa izin merupakan bentuk pelanggaran terhadap hukum, "Kami terus memberikan pemahaman kepala warga. Bagi yang mau menyerahkan sukarela tidak ada sanksi apapun. Upaya ini juga dimaksudkan untuk keselamatan warga sendiri, yakni menghindari jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan,Pungkas Dandim.(red andi) 

Previous
« Prev Post