HEADLINE NEWS

Kategori

Bencana (4) BUMN (1) Business (14) Daerah (1166) Entertaiment (12) Games (5) Headline (1141) Hiburan (15) hukum (48) Internasional (72) Kasus (1) Keagamaan (2) Kebakaran (1) Kesehatan (38) Korupsi (1) KPUD (1) kriminal (13) Lakalantas (2) Migas (1) Misteri (5) Movie (2) Nasional (239) PEMDA (2) pendidikan (41) Pilkada (1) Polisi (122) Politik (138) Ragam (14) seni (2) Slider (136) Sports (16) Technology (5) TMMD (1) TNI (5) Umum (35)

WARGA DUSUN GONIS RABU ADAKAN RITUAL ADAT "MUDAS "


   S14N Sekadau, Kegiatan Bhabinkamtibmas Desa Gonis Tekam & Desa Tapang Semadak Polsek Sekadau Hilir Polres Sekadau Brigadir Alexander Aldo, SH kamis,14/2 2019 sekira pukul 08.00 wib bertempat di Dusun Gonis Rabu, Desa Gonis Tekam, Kec. Sekadau Hilir, Kab. Sekadau.

Kegiatan memonitor dan menyambangi warga Dusun Gonis Rabu yang sedang melaksanakan ritual adat Mudas tanah di area yang akan di bangun tower Sutet.

Tujuan adat Mudas tanah adalah sebagai wujud "permisi kepada leluhur yang menjaga alam di Dusun Gonis Rabu sehingga warga dan karyawan yang akan mengerjakan proyek pembangunan tower Sutet dapat di jauhi dari mara bahaya dan selalu mendapatkan keselamatan dalam bekerja". 

Warga setempat percaya tanah yang terkena pembangunan tower sutet tersebut adalah tanah yang dianggap kramat (balai ayau).

Lokasi yang diadakannya ritual adat mudas tanah berada di area tower Sutet yang akan di bangun dengan kode nomor 197 berbatasan langsung dengan wilayah Desa Tapang Semadak. 

Masih menurut keterangan Aldo, untuk di Dusun Gonis Rabu ada 14 titik tower Sutet yang akan di bangun. Untuk keseluruhan di Desa Gonis Tekam sekarang berjumlah total 24 titik tower Sutet yang akan di bangun, ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadus Gonis Rabu Melaka, ketua Rw dan Ketua Rt se-kedusunan Gonis Rabu, Tomas, Todat,Toga, Humas PT. Sangkan (selaku pelaksana kegiatan) a.n. Andika beserta karyawannya.

Bhabinkamtibmas Desa Gonis Tekam Brigadir Alexander Aldo, SH, beserta beberapa warga Dusun Gonis Rabu,Temenggung Desa Tapang Semadak Sebastianus Aet selaku yang memimpin ritual adat rimah tanah tersebut, Kades Gonis Tekam, Rizal Arafat datang belakangan setelah selesai dari kegiatan Musrembang Kecamatan di Kec. Sekadau Hilir.

Dalam kesempatan itu, Bhabinkamtibmas Aldo menyampaikan beberapa hal kepada warga yang hadir untuk selalu mendukung program pemerintah yang membangun untuk kemajuan bersama dalam segala aspek, Serta apresiasi kepada warga Dusun Gonis Rabu yang masih menjungjung tinggi adat istiadat, akan tetapi jangan sampai menyalah gunakan adat istiadat untuk kepentingan sepihak dan di manfaatkan sehingga tidak merugikan semua pihak.(Jhon)

Previous
« Prev Post