HEADLINE NEWS

Kategori

Bencana (4) BUMN (1) Business (14) Daerah (1166) Entertaiment (12) Games (5) Headline (1141) Hiburan (15) hukum (48) Internasional (72) Kasus (1) Keagamaan (2) Kebakaran (1) Kesehatan (38) Korupsi (1) KPUD (1) kriminal (13) Lakalantas (2) Migas (1) Misteri (5) Movie (2) Nasional (239) PEMDA (2) pendidikan (41) Pilkada (1) Polisi (122) Politik (138) Ragam (14) seni (2) Slider (136) Sports (16) Technology (5) TMMD (1) TNI (5) Umum (35)

Pandangan Umum Fraksi PDIP Terhadap Nota keuangan dan Raperda Tentang APBD Kabupatem Sintang Tahun Anggaran 2019


   S14N Sintang, Senin 05/10/2018 Rapat Paripurna Ke 16 dengan Agenda penyampaian pandangan Fraksi-Fraksi DPRD Sintang terhadap Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2019, yang telah di Sampaikan oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno, Dalam Rapat Paripurna ke 15 pada Jum"at 02/11/2018 yang lalu.

 Sesuai dengan agenda tersebut Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuanan (PDIP) menyampaikan pandangan umum Fraksinya yang dibacakan oleh juru bicara PDIP Agustinus, menyampaikan pandangan dan pendapat terhadap Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2019.

 Dalam kesempatan tersebut Agustinus mengatakan bahwa Fraksi PDIP mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Sintang yang telah menyampaikan Pidato Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2019, yang telah dismpaikan pada Rapat Paripurna ke 15 masa Persidangan tanggal 2 November yang lalu. 

 Berdasarkan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2018 tentang pedoman penusunan APBDTahun 2019 dan Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah yang berpedoman pada kebijakan Hukum dan Norma yang berkaku, tentang APBD serat Perubahan Anggaran Pelakon APBD yang telah di tetapkan oleh Pemerintah Daerah dan Pimpinan DPRD. Serta Peraturan DPRD Kabupaten Sintang Nomor 1 Tahun 2018 yang memberikan ketegasan Hukum bahwa Fungsi DPRD untuk menyalurkan Anggaran bersama dengan Badan Anggaran dan Pemerintah Daerah untuk menyusun dan menetapkan APBD.'

 Agustinus juga mengatakan dengan telah mempelajari bersama Pidato Penyampaian Nota Kaungan tersebut, Fraksi PDIP berpendapat bahwa Keuangan Daerah terlihat cukup baik dengan adanya peningkatan sebesar 1,8%. Maka dengan demikian lanjut Agustinus Fraksi PDIP sangat memberikan respon positif terhadap peningkatan ini akan tetapi Fraksi PDIP berharap agar Pemerintah Daerah dengan adanya peningkatan tersebut dapat menyerapi Anggaran yang maksimal dengan merencanakan pembangunan yang tepat sasaran sehingga pengguna Anggaran lebih tertib dan Epesien.

 Fraksi PDIP juga menyampaikan beberapa saran kepada Pemerintah Daerah diantaranya : 1.Meminta Kepada Bupati Sintang agar dapat bekerja sama dengan pihak TNI/Polri untuk memberantas isu-isu yang dapat memecaha persatuan dan kesatusn di Kabupaten Sintang mengingat pada Tahun depan adalah Tahun Politik. 
 2. Diminta kepada Bupati Sintang melalui Instansi terkait supaya dapat meningkatkan sarana dan persarana yang mendukung Kabupaten Sintang untuk menjadi Kota Layak Anak. 
 3.Meminta kepada Bupati Sintang melaui Dinas terkait agar dapat membangun Zebra Kros di setiap Sekolah mengingat lalu lintas yang sangat ramai agar Anak-Anak dapat menyeberangi jalan dengan aman. 
 4.Diharapkan kepada Pemerintah Daerah dalat fokus dengan program nawacita Presiden Joko Widodo dengan membangun Daerah pinggiran. 5.Diminta kepada Bupati Sintang agar dapat melanjutkan Pekerjaan jalan dari Sungai Putih menuju Batu Lalau Sampai dengan Desa Tanjug Kelansam. 
 6.Diminta kepada Bupati Sintamg agar dapat membangun jalan dari Desa Mail Jampong menuju Desa Mungguk Bantok dan Sampai ke Desa Tebing Raya. 
 7. Diminta kepada Bupati Sintang agar dapat menganggarkan pembangunan Jalan dari Desa Marti Guna Sampai Desa Lalang Baru, hingga ke Dusun Penyaguk Satu dan Penyaguk Dua, dan juga menuju Desa Tertung. 
 8.Diminta kepada Bupati Sintang untuk menganggarkan pembangunan dari Desa Sungai lais menuju Sungai Maram pada APBD Tahun 2019 mendatang. 
 9.Diminta Kepada Bupati Sintang untuk dapat meningkatkan pembangunan jalan di simpang tiga Desa Binjai Hulu.
 10.Dimimta kepada Bupati Sintang untuk dapat meningkatkan pembangunan jalan di Kecamatan Kelam Permai khususnya jalan di Desa Bengkuang. 
 11.Diminta kepada Bupati Sintang untuk meningkatkan pembangunan ruas jalan Desa Bran menuju Jelawai sehingga sampai ke Desa Karya Jaya Bakti Kecamatan Kelam Permai. 12.Diminta kepada Bupati Sintang untuk meningkatkan pembangunan jalan dari lengkenat menunu Desa Temiang Kapuas, ruas jalan Sp 2 menuju Nanga Pari. 
 13. Diminta Kepada Buapti Sintang untuk membangun Jembatan Sungai Melawi Di Desa mengkirai Kecamatan Dedai. 

 Dengan demikian besar harapan kami dari Fraksi PDIP agar Pemerintah Daerah melalui APBD Tahun Anggaran 2019 untuk dapat menganggarkan segera pembangunan-pembangunan tersebut mengingat Tahun Ketiga adalah Tahun percepat untuk mencapi RPJMD Pemerintah Daerah Tahun 2016-2021,"pugkas Agustinus.//mora

Previous
« Prev Post